Evaluasi Tol Bocimi Pasca Longsor di KM 64

tol bocimi longsor sukabumi bogor

PMKONSTRUKSI – Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Kilometer 64+600 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), mengalami longsor pada arus mudik hari pertama, Rabu (3/4/2024) malam WIB.

Peristiwa alam ini menyebabkan kemacetan di lajur 1 jalan tol Bocimi. PT Trans Jabar Tol (TJT) dengan cepat merespons situasi ini dengan berkoordinasi langsung dengan kepolisian terkait peristiwa longsor.

Pemilik konsesi jalan tol Bocimi, PT Trans Jabar Tol, sedang melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Lalu mengalihkan lalu lintas di sekitar area tersebut,” ujar Corporate Secretary PT Waskita Tol Road dalam keterangan resmi pada Rabu (3/4/2024).

Akibatnya, kendaraan dari Ciawi menuju Parungkuda dialihkan keluar di Cigombong. Akses dari Parungkuda ke Ciawi sementara ditutup untuk mencegah potensi longsor tambahan. Longsor diduga disebabkan oleh gerusan air akibat hujan lebat di sekitar area tersebut.

Manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road saat ini sedang mengevaluasi lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas tol Bocimi.

Kejadian terjadi pada Rabu (3/4) pukul 20.00 WIB. PT Trans Jabar Tol (TJT) segera mengambil tindakan cepat dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Serta langsung sampai di lokasi kejadian untuk evakuasi dan pengaturan lalu lintas,” ungkap Direktur Utama TJT, Abdul Hakim, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dalam upaya penanganan kejadian ini, PT Trans Jabar Tol (TJT) menunjukkan profesionalisme dan tanggap dalam merespons situasi darurat yang terjadi di jalan tol Bocimi.

Dukungan penuh diberikan oleh pihak terkait untuk memastikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di area yang terkena dampak longsor.

Semua pihak terlibat dalam penanganan kejadian bencana alam ini bekerja sama secara sinergis untuk memulihkan situasi secepat mungkin.

Koordinasi antarinstansi dilakukan secara efektif guna memastikan bahwa evakuasi dilakukan dengan aman dan tertib. Serta lalu lintas dapat diatur dengan baik demi keamanan para pengguna jalan.

Monitoring Terus Terhadap Cuasa

PT Trans Jabar Tol (TJT) juga melakukan monitoring terus menerus terhadap kondisi cuaca dan potensi bencana alam lainnya yang dapat terjadi di sekitar area jalan tol Bocimi.

Langkah-langkah pencegahan dan kesiagaan terus ditingkatkan untuk menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Dengan adanya respon cepat dan koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait. Diharapkan situasi di jalan tol Bocimi dapat segera pulih dan lalu lintas kembali normal.

Keselamatan dan kenyamanan para pengguna jalan tetap menjadi prioritas utama dalam penanganan keadaan darurat seperti ini.

(Jabarmedia)

Related posts