Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin Dan Masih Bebas Hambatan

Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dan Masih Bebas Hambatan

PMKONSTRUKSI – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km. Merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Ini dioperasikan oleh pemegang konsesi jalan tol PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan nilai investasi sebesar 10,6 triliun rupiah.

Read More

Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 km dari seksi 1A area simpang Cimanggis – ramp Jatikarya On/Off hingga seksi 2A area ramp Jatikarya On/Off – simpang Cikeas.

Pembangunan tol Cimanggis-Cibitung dimulai pada tahun 2016 dan melewati empat kabupaten: Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Dengan selesainya pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B dan simpang Cikeas-Cibitung seksi 2B (panjang 19,65 km). Maka jaringan Tol JORR 2 sudah terkoneksi penuh.

Wakil Presiden Ma’ruf berharap Tol Cimanggis – Cibitung dapat menjadi penghubung kawasan Cibubur hingga Tol Jagorawi. Meningkatkan kelancaran perjalanan, pergerakan penumpang, dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

“Dengan adanya jalan tol ini, kapasitas jalan di wilayah yang dilaluinya akan meningkat,” jelasnya.

Setelah beroperasi penuh, Tol Cimanggis – Cibitung akan menghubungkan seluruh jaringan Tol JORR 2 dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cilincing hingga Cilincing sepanjang 111 km.

Meningkatkan Kelancaran Logistik

Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan penumpang dan logistik di kawasan industri besar Jabodetabek, antara lain kawasan industri Sentul, Cikarang, Sibitong, dan Selincing.

Tol ini juga terhubung dengan Jalan Trans-Jawa ruas Jakarta-Cekambik, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Kertajati.

Oleh karena itu, dapat menjadi ruas alternatif dan solusi untuk mengurangi waktu tempuh akibat kemacetan lalu lintas dari Tol Cikampek menuju Jakarta, Bogor, Tangerang dan sekitarnya.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. Berdasarkan Surat Keputusan 1626/KPTS/M/2024. Ruas Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B sepanjang 19,65 km dari Simpang Cikeas hingga Simpang Cibitung telah memenuhi persyaratan teknis. Anda dapat mengaktifkannya di sistem tol Anda, baik secara administratif maupun operasional.

Untuk itu, Simpang Susun Cikeas seksi 2B Tol Cimanggis-Cibitung dan Persimpangan Cibitung akan beroperasi bebas tarif mulai pukul 06:00 WIB pada Rabu (7 Oktober 2024).

Transaksi diubah dari sistem terbuka di plasa tol utama Jatikarya menjadi sistem tertutup yang terintegrasi dengan Tol Cibitung-Ciling ruas. Dimana transaksi di plasa tol utama Jatikarya menuju Cibitung akan dikenakan tarif ruas Cimanggis – Jatikarya. (Total) I Rp5.500) dan untuk tarif Jatikarya – Tarif Jatikarya Nagrak dipungut di gerbang tujuan (kategori pertama Rs 8.000).

Sedangkan transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cimanggis dikenakan tarif Cimanggis – Nagrak (awalnya dipatok Rp 13.500). Serta tarif Tol Cibitung – Cilincing (bila masuk dari ruas Tol Cibitung – Cilincing).

 

Related posts